Pola Pikir Orang Sukses

Hidup adalah sebuah pilihan, tanpa kita sadari bahwa  setiap saat kita dihadapkan pada sebuah pilihan.

Memilih untuk sehat atau sakit,memilih kaya atau miskin,memilih rajin atau malas, memilih jadi pengusaha atau karyawan, memilih sibuk atau bengong, memilih teman yang baik atau yang buruk, memilih membaca buku atau menonton TV, dan beribu-ribu  pilihan-pilihan kecil yang akan membingkai arah masa depan kita.

Setelah Anda memilih untuk menjadi orang sukses, Anda perlu tindakan?

Tetapi bukan sembarang tindakan. Tidak semua tindakan akan membawa kita kepada keberhasilan. Kita memerlukan tindakan sukses untuk menjadi sukses. Tindakan sukses hanya bisa dilakukan oleh orang sukses.

Saat kita berpikir bahwa kita belum sukses, saat kita berpikir serba kekurangan, saat kita berpikir lemah, maka kita tidak akan pernah menghasilkan tindakan-tindakan yang berdaya.

Bagaimana bisa, bagaimana kita akan melakukan tindakan hebat saat kita berpikir bahwa diri kita lemah.

Kita akan bertindak hebat saat kita berpikir hebat. Kita akan melakukan tindakan-tindakan sukses saat kita berpikir sukses. Kita akan berpikir sukses saat kita menjadi orang sukses sekarang juga.

Jadi, artinya menjadi orang sukses ialah Anda harus memiliki pola pikir, mindset, atau paradigma orang sukses.

Jika saat ini Anda merasa belum sukses, maka pikiran Anda jangan difokuskan pada saat ini, fokuslah pada masa depan, fokus pada kesuksesan Anda.

Jika Anda melihat saat ini, Anda melihat diri Anda masih belum sukses, maka mindset yang muncul adalah mindset yang belum sukses.

Lihatlah saat Anda sudah menjadi orang sukses. Saat Anda melihat masa depan, saat Anda sudah menjadi orang sukses, maka Anda akan mulai memiliki pola pikir sukses. Menjadi orang sukses sekarang juga adalah rumus sukses.

Bahkan, untuk mengaplikasikan Hukum Daya Tarik (law of attraction) juga di awali dengan menjadi (be) orang sukses.

Mungkin saat Anda membaca ebook atau buku law of attraction, dibahas dengan bahasa yang berbeda-beda, tetapi intinya langkah pertama ialah dengan cara menjadi (be), kemudian bertindak (do), dan memiliki (have). Atau disingkat dengan be do have.

Tapi sulit untuk menjadi orang sukses saat kita belum sukses dalam kenyataanya. Kuncinya ialah dengan membangun rasa percaya diri terlebih dahulu. Jadi percaya diri memiliki peran penting dalam hukum daya tarik atau law of attraction. Percaya diri sama dengan Anda merasa menjadi orang sukses.

Sukses adalah Suatu Kebiasaan

Orang sukses berpikir bahwa kesuksesan bukanlah destinasi (Tujuan Akhir), melainkan suatu perjalanan. Dalam perjalanan hidup sehari-hari, Anda akan banyak mendapat sukses-sukses kecil yang terkumpul menjadi sukses besar.

Sukses besar tidak dihasilkan hanya dari satu keputusan dan satu tindakan saja, melainkan merupakan akumulasi dari setiap sukses yang Anda peroleh sehari-hari.

Orang Sukses Berorentasi pada Solusi

Orang Sukses meyakini bahwa dibalik suatu masalah pasti ada peluang dan solusinya. Pola pikir seperti inilah yang membuatnya tahan uji dan tak mudah menyerah. Sebaliknya orang gagal memandang adanya suatu masalah di setiap solusi. Fatalnya, orang seperti ini cenderung pesimistis dalam menanggapi suatu peluang. Ia lebih mencari aman! Dia cenderung takut mencoba. Baginya lebih baik berdiam diri dari pada mencoba dan gagal.

Kegagalan adalah Bagian dari Sukses

Pola pikir orang sukses memandang kegagalan adalah suatu kesuksesan yang tertunda. Justru dengan suatu kegagalan yang dialaminya, ia akan bertambah pengalaman dan bertambah matang. Ia bertambah gigih untuk berhasil. Sebaliknya orang gagal akan memandang pengalaman gagalnya sebagai suatu trauma yang membuatnya jera dan takut untuk memulai lagi.

Sukses Tidak Selalu Ditentukan oleh Nasib

Nasib seseorang sangat dipengaruhi oleh semua tindakan yang dilaluinya. Tentu saja tindakan-tindakan itu merupakan hasil pola pikirnya. Untuk menjadi sukses , orang harus mempunyai kemauan keras dan berusaha secara konsisten dari waktu ke waktu.

Orang Sukses Memiliki Visi dan Fokus

Orang-orang sukses dikondisikan untuk melihat ke depan, untuk selalu menanyakan apa jika dan mengapa tidak. Keingintahuan inilah bawaan dan keterbukaan untuk hal-hal baru yang membantu mereka mengembangkan pikiran kreatif. Pikiran kreatif dapat melihat melampaui saat ini, yang dapat melihat kemungkinan dan kombinasi yang dinyatakan tidak tersedia untuk orang closeminded. Inilah rasa visi dan ketahanan fokus yang membuat mereka bersemangat.

Orang Sukses Berani Mengambil Resiko

Orang-orang sukses tidak takut risiko tetapi tidak melihatnya sebagai bahaya, tetapi lebih dari probabilitas yang bisa mengakibatkan banyak hasil yang mungkin, beberapa di antaranya bisa sangat menguntungkan.

Orang Sukses tidak Pernah Menyalahkan Orang Lain

Orang-orang sukses tahu  dari pada membuang-buang waktu menunjuk jari bila ada yang salah. Mereka tidak repot-repot mengeluh, sebaliknya, mereka menyingsingkan lengan baju mereka dan melakukan sesuatu. Mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Orang Sukses Selalu Belajar

Sukses dibangun di atas kegagalan dan kegagalan benar-benar tidak belajar dari kesalahan. Orang-orang sukses tahu bahwa kesalahan adalah tak terelakkan dalam setiap area hidup, tetapi mereka tidak menerima kegagalan mereka untuk disia-siakan. Bagi mereka, gagal di satu hal adalah jaminan pasti bahwa mereka akan berhasil di dalamnya di waktu berikutnya. Oprah Winfrey pernah dipecat dari pekerjaannya di televisi. Kalau saja ia menyerah di sana, dia tidak akan tahu jenis berkat-berkat yang ia menikmati hari ini.

Belajar Membangun Relasi

Seorang sukses menyadari pentingnya nilai modal sosial. Mereka tahu bahwa keberhasilan bukanlah hasil karya satu orang. Mereka mengelilingi diri dengan jenis orang-orang yang berbakat, keterampilan dan pengetahuan yang dapat menunjang kesuksesan mereka. Tidak peduli apakah mereka sendiri adalah orang aneh atau nonkonformis, mereka tahu lebih baik untuk memilih jenis orang yang tepat untuk bekerja dengan dirinya. Orang-orang sukses menyesuaikan diri dengan orang lain yang berpikir seperti pemenang dan tinggal jauh dari penentang.

Dengan mengetahui pola pikir dan tindakan orang-orang sukses maka Anda bisa mengevaluasi diri,apakah pola pikir dan tindakan Anda sudah sesuai dengan pola pikir dan tindakan orang sukses apa belum. Bila belum maka Anda harus segera merubahnya,  bila tidak, berarti Anda secara sengaja memilih menjadi orang gagal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares